Monday, September 15, 2008

Knowledge Management..., How about that ???

Knowledge management adalah kemampuan mengelola pengetahuan yang merupakan sebuah solusi bisnis berbasis web. Mengelola disini tidak sebatas menyimpan, namun juga menciptakan budaya pembelajaran di lingkungan perusahaan melalui proses pertukaran pengetahuan. Sehingga, akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pembelajaran secara mandiri dan dalam memberikan solusi bagi masalah-masalah yang dihadapinya.
Keuntungan penerapan KM antara lain mempersingkat waktu bekerja dengan mengeliminiasi proses kerja yang redundan, menekan biaya pelatihan karyawan dan pemilik perusahaan karena hampir semua pengetahuan telah tersedia dalam sistem, dan meningkatkan kualitas produk serta pelayanan.

Perusahan yang telah menerapkan KM antara lain Matsuhita, IBM, General Electric, Chevron, Netscape, dll

2 comments:

MarianaDewi said...

Yoo..fer.KM KM KM. thanx reviewnya...

Md Santo said...

Dalam konteks KM tsb, saya mengajak anda (baik secara aktif maupun pasif) untuk ber"social networking" dan berbagi pengetahuan (sharing knowledge) melalui Social Networking Site (SNS) MOBEE KNOWLEDGE COP (COP=Community of Practice) yg heading-nya berbunyi sbb : " Learn how to be in state of LEARNING, GROWTH, and INNOVATION through our Community of Practice (COP) in Knowledge Management (KM)".

Masukan, tanggapan, input, pertanyaan dsb bisa dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.

Untuk perkenalan awal dan sekaligus memahami konten & konteks kami secara holistik, mohon anda "copy-paste-click" discussion link :
http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A2062 ( judul topik : OUR KNOWLEDGE MAP ) atau lewat beranda depan http://mobeeknowledge.ning.com

Terima kasih

Md Santo